Ikhbar.com: Seberapa banyak jumlah malaikat yang telah diciptakan Allah Swt? Sekelumit gambaran tentang ini bisa dilihat dari dialog Rasulullah Muhammad Saw dengan Malaikat Jibril As dalam peristiwa mikraj.
فَقَالَ مَرْحَبًا بِكَ مِنِ ابْنٍ وَنَبِىٍّ، فَرُفِعَ لِي الْبَيْتُ الْمَعْمُورُ فَسَأَلْتُ جِبْرِيلَ، فَقَالَ: هَذَا الْبَيْتُ الْمَعْمُورُ، يُصَلِّي فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، إِذَا خَرَجُوا لَمْ يَعُودُوا إِلَيْهِ آخِرَ مَا عَلَيْهِمْ
“Kami mendatangi langit ketujuh. Lalu menemui Nabi Ibrahim, aku memberi salam kepadanya dan beliau menyambut, ‘Selamat datang putraku, sang Nabi.’ Lalu aku melihat Baitul Makmur. Akupun bertanya kepada Jibril. Lantas dijawab, ‘Ini adalah Baitul Makmur. Setiap hari, tempat ini dikunjungi 70 ribu malaikat untuk melaksanakan salat. Setelah kaluar, mereka tidak akan kembali lagi ke tempat ini.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Nabi Muhammad Saw juga bersabda:
الْبَيْتُ الْمَعْمُورُ فِي السَّمَاءِ السَّابِعَةِ، يَدْخُلُهُ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، ثُمَّ لَا يَعُودُونَ إِلَيْهِ
“Baitul makmur ada di langit ketujuh, setiap hari dimasuki 70 ribu malaikat dan mereka tidak kembali lagi. (HR. Ahmad).
Baitul Makmur ialah ka’bah para penghuni langit. Dalam tafsirnya, Al-Hafiz Ibnu Katsir menjelaskan:
ذاك البيت هو كعبة أهل السماء السابعة: ولهذا وجد إبراهيم الخليل عليه السلام ، مسندا ظهره إلى البيت المعمور: لأنه باني الكعبة الأرضية، والجزاء من جنس العمل
“Baitul makmur adalah ka’bah bagi penghuni langit ketujuh. Rasulullah Muhammad Saw melihat Nabi Ibrahim As menyandarkan punggungnya di sana karena beliaulah yang membangun ka’bah di bumi sebagai balasan sejenis dengan amal.”
Hadis tersebut baru menjelaskan betapa banyaknya jumlah malaikat yang datang silih berganti tanpa putus dalam satu lokasi. Dalam hadis lainnya, Rasulullah Saw bersabda:
يُؤتى بالنارِ يومَ القيامةِ لها سبعون ألفَ زمامٍ مع كلِّ زمامٍ سبعون ألفَ ملَكٍ يجرُّونَها
“Neraka (Jahanam) ‘pada hari kiamat’ memiliki 70 ribu tali (kendali). Tiap-tiap tali ditarik oleh sebanyal 70 ribu malaikat.” (HR. Muslim).
Sebagian ulama memaparkan, tiada satu jengkal pun lokasi di langit yang terbebas dari keberadaan para malaikat. Mereka senantiasa bersujud, salat, dan berzikir kepada Allah Swt tanpa kenal waktu.
Syekh Salim Al-Sanhuri dalam Risalat al-Kasyfi wa al-Bayan ‘an Fadhail Lailat an-Nishfi min Sya’ban menyebutkan, selayaknya manusia, para malaikat juga memiliki dua hari raya, yakni pada malam Nisfu Syakban dan malam Lailatul Qadar.
ومن اسمائها ليلة عيد الملائكة لما ذكره ابوعبد الله طاهر بن محمد بن احمد الحدادي في كتابه عنوان المجالس فيما قيل: ان للملائكة في السماء ليلتي عيد كما ان للمسلمين يعني من البشر يومي عيد فعيد الملائكة ليلة البراءة يعني ليلة النصف من شعبان وليلة القدر وعيد المؤمنين يوم الفطر ويوم الاضحى
“Di antara nama malam Nisfu Syakban adalah malam perayaan para malaikat. Ini sebagaimana disebutkan Abu Abdillah Thahir bin Muhammad bin Ahmad Al-Haddadi dalam ‘Unwanul Majalis; dikatakan bahwa malaikat memiliki dua malam perayaan di langit, sebagaimana manusia memiliki dua hari raya. Malam perayaan malaikat adalah malam Al-Bara’ah, yaitu malam Nisfu Syakban dan malam Lailatul Qadar, sementara perayaan kaum mukmin adalah hari raya Idulfitri dan Iduladha.”
Imam Al-Ghazali, dalam Mukhsafah al-Qulub: al-Muqarrib ila Hadhrah al-Ghuyub fi Ilm at-Tasawwuf menjelaskan, pada kedua malam hari raya malaikat itu, dimurahkanlah ampunan Allah Swt. Di saat Nisfu Syakban, seluruh dosa manusia selama setahun dihapus. Sedangkan malam lalilatulkadar menghapus dosa dan kekeliruan seumur hidup manusia.
Sementara itu, dalam Fadlilah al-Muharram wa Rajab wa Sya’ban, Syekh Sholeh Darat Semarang mengungkapkan penyebab hari raya malaikat jatuh pada waktu malam. Guru pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan itu mengatakan karena para malaikat tidak pernah tidur baik di siang maupun malam harinya.
Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad Saw pernah menjelaskan kepada Siti Aisyah bahwa malam Nisfu Syakban merupakan malam ditulisnya takdir-takdir manusia selama satu tahun.
عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِي قَالَ: هَلْ تَدْرِيْنَ مَا هَذِهِ اللَّيْلَة؟ قَالَتْ: مَا فِيْهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَقَالَ: فِيْهَا أَنْ يُكْتَبَ كُلُّ مَوْلُوْدِ بَنِي آَدَمَ فِي هَذِهِ السَّنَةِ، وَفِيْهَا أَنْ يُكْتَبَ كُلُّ هَالِكٍ مِنْ بَنِي آدَمَ فِي هَذِهِ السَّنَةِ، وَفِيْهَا تُرْفَعُ أَعْمَالُهُمْ، وَفِيْهَا تَنْزِلُ أَرْزَاقُهُمْ
“Dari Aisyah, dari Nabi Muhammad, beliau bertanya, ‘Apakah kamu tahu ada apa dengan malam mini (Nisfu Syakban)?’ Siti Aisyah berbalik bertanya, ‘Ada apa di dalamnya, wahai Rasulullah?’ Maka nabi menjawab, ‘Di dalamnya ditulis semua anak yang dilahirkan dari keturunan Nabi Adam pada tahun ini. Pada malam itu ditulis semua orang yang celaka dari keturunan Nabi Adam pada tahun ini. Pada malam itu (juga) diangkat semua amal (perbuatan) mereka, dan pada malam itu diturunkan rezeki mereka.” (HR Al-Baihaqi).
Dalam sebuah hadis riwayat Siti Aisyah, dijelaskan pula tentang kemuliaan malam Nisfu Syakban:
رُوِيَ أَنَّ النَّبِي كَانَ جَالِسًا فِي تِلْكَ اللَّيْلَةِ فَنَزَلَ عَلَيْهِ جِبْرِيْلُ. فَقَالَ: اِنَّ اللهَ قَدْ أَعْتَقَ مِنَ النَّارِ نِصْفَ أُمَّتِكَ
“Diceritakan, sungguh Nabi Muhammad sedang duduk pada suatu malam (Nisfu Syakban), maka datang kepadanya malaikat Jibril. Ia berkata, ‘Sungguh Allah telah memerdekakan dari neraka separuh umatmu.”